Jumat, 08 Maret 2019

Cara Menghafal Rumus Matematika dan Fisika




Salah satu hal tersulit dalam mempelajari matematika dan fisika adalah menghafal semua rumus yang dibutuhkan. Jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mengingat rumus yang Anda butuhkan. Jika Anda memahami komponen dan makna dari setiap rumus, Anda bisa membangun ulang rumusnya, bahkan jika tidak langsung bisa mengingatnya. Pastikan Anda merawat badan sehingga semua hafalan tetap tinggal di otak!

Menggunakan Alat Mnemonik
Gunakan alat mnemonik yang telah tersedia. Beberapa rumus matematika dan fisika telah memiliki mnemonik sejak dahulu kala. Guru Anda mungkin telah mengajarkannya kepada Anda. Manfaatkan mnemonik ini untuk menghafal rumus yang sulit diingat. [ Sebagai contoh, mungkin Anda sudah pernah mendengar SINDEMI COSAMI TANDESA untuk rumus sinus, kosinus dan tangen. SINDEMI adalah Sinus = sisi depan/sisi miring, COSAMI adalah Cosinus = sisi samping/sisi miring, dan TANDESA adalah Tangen = sisi depan/sisi samping.

Buat alat mnemonik Anda sendiri. Tidak semua rumus memiliki alat mnemonik sehingga Anda perlu mengarangnya sendiri. Pakai bagian rumus untuk membuat cerita atau mengejakan kata yang mudah diingat. [2]Sebagai contoh, jika Anda ingin mengingat rumus E = mc kuadrat, hafalkan dengan berkata Eko (E) suka makan (m) cokelat (c) persegi (kuadrat).

Gunakan istana memori (memory temple). Istana memori adalah jenis alat mnemonik khusus yang memanfaatkan petunjuk visual untuk membantu Anda mengingat sesuatu. Anda harus selalu menggunakan lokasi yang sama, dan “berjalan” melaluinya untuk mencari hal-hal yang membantu Anda mengingat rumus. [3]
Sebagai contoh, bayangkan rumah Anda sejak masih kecil. Katakan Anda ingin mengingat rumus luas lingkaran (Pi x radius kuadrat). Anda dapat mengingatnya dengan memikirkan dapur, tempat kue pai kesukaan Anda biasa dibuat.

Pecahkan rumus menjadi beberapa bagian. Jika Anda hanya berfokus untuk menghafal rumus, rumus tersebut tidak akan melekat lama di otak. Namun, jika Anda memahami setiap bagian rumus dan cara kerjanya bersama-sama, rumus akan lebih mudah diingat. [4]
Katakan Anda mengetahui kecepatan adalah waktu yang dibutuhkan untuk berpindah sejauh jarak tertentu. Jadi, untuk mencari kecepatan, Anda perlu mengetahui jarak perpindahan objek dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jarak tersebut. Oleh karenanya, bagikan jarak yang ditempuh dengan waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Dengan demikian, rumus kecepatan adalah kecepatan = perubahan jarak/perubahan waktu.

Ulas kembali hal-hal yang membentuk rumus. Sebagian besar rumus fisika dan matematika dibentuk dari hal-hal yang sudah dipelajari. Jika Anda kesulitan mengingat rumus baru, kembalilah dan ulas kembali rumus-rumus yang ada sebelumnya. [5]
Sebagai contoh, katakan Anda kesulitan mengingat rumus kecepatan, tetapi Anda mengetahui bahwa maknanya adalah kecepatan objek pada arah tertentu. Ulas kembali rumus kecepatan, yaitu jarak tempuh dibagi waktu tempuh.

Latih setiap rumus. Semakin banyak latihan dengan menggunakan angka-angka yang berbeda, Anda akan semakin paham cara kerja rumus sehingga lebih mudah diingat.[6]
Berlatih untuk setiap rumus akan menghabiskan banyak waktu. Namun, hasilnya akan sepadan, terutama jika sebentar lagi Anda akan ujian, atau Anda membutuhkan rumus ini dalam pekerjaan.
Anda bisa mencari soal latihan di buku teks atau di internet. Jika Anda masih kesulitan menemukannya, coba minta dari guru Anda.
Relakslah. Jika Anda terlalu stres atau khawatir tidak akan mampu mempelajari bahan pelajaran, menghafal rumus pun akan sulit dilakukan! Sebelum belajar, duduklah di kursi. Tarik napas dalam-dalam dan biarkan seluruh otot Anda relaks.[7]
Jika Anda merasa tertekan, kesampingkan dulu pelajaran Anda dan kembali tarik napas dalam-dalam. Berikan waktu relaks sebentar untuk diri Anda.






Artikel Terkait :
Ilyas Adi P
Alifia Salsabila P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menghafal Rumus Matematika dan Fisika

Salah satu hal tersulit dalam mempelajari matematika dan fisika adalah menghafal semua rumus yang dibutuhkan. Jangan khawatir! Ada b...